SEJARAH

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu dibentuk pertama kali pada tahun 1975 dengan nama Bangdes / Pembangunan Desa, pada tahun 1985 dari Bangdes menjadi PMD (Pembangunan Masyarakat Desa), berubah lagi pada tahun 1990 tetap PMD tapi dari Pembangunan menjadi Pemberdayaan Masyarakat Desa, setelah itu di ganti lagi pada tahun 2009 menjadi BPMPD (Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa), pada bulan Oktober 2016 berubah nama menjadi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sampai sekarang.

Dalam rangka pelaksanaan tugas pokok Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten OKU menyelenggarakan beberapa fungsi sebagai berikut :

  1. Mengordinasikanperumusan kebijakan Pemerintah Daerah.
  2. Mengordinasikan seluruh kegiatan di lingkungan Badan PMPD Kab. OKU.
  3. Mengordinasikan  penyusunan program kerja dan melaksanakan operasional Pemerintah Daerah.
  4. Mengordinasikan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah di bidang penyelenggaraan urusan Pemerintahan Desa, Usaha Ekonomi Masyarakat, Teknologi Tepat Guna dan Ketahanan Masyarakat.
  5. Melakukan pembinaan dan pengawasan para pegawai di lingkungan Badan PMPD Kab. OKU.
  6. Melakukan pembinaan dan koordinasi administratif kepada Seluruh Desa-Desa di Kabupaten OKU.
  7. Melakukan koordinasi dan  pembinaan dengan instansi terkait instansi pemerintah dan swasta, masyarakat dan organisasi kemasyarakatan serta hubungan antar lembaga.
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati dan wakil Bupati.